Senin, 14 September 2015

Apa dan Bagaimana Toxoplasmosis Itu?



Apa dan Bagaimana Toxoplasmosis Itu?

Apa itu Toxoplasmosis?
Toxoplasmosis atau sering hanya disebut penyakit toxo merupakan penyakit yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma gondii. Toxoplasma gondii adalah hewan bersel satu yang sering juga disebut protozoa. Toxoplasma merupakan parasit yang dapat menginfeksi hewan dan manusia. Jadi Toxoplasma bukan virus, melainkan parasit.

Toxoplasmosis adalah nama penyakit pada hewan dan manusia yang disebabkan oleh Toxoplasma gondii. Toxoplasmosis dikategorikan sebagai penyakit zoonosis, yaitu penyakit yang dapat ditularkan dari hewan ke manusia.

Apa saja yang dapat menularkan toxoplasmosis?
Semua hewan berdarah panas dapat terinfeksi dan menularkan toxoplasma kepada manusia. Hewan yang sering berada di sekitar manusia seperti sapi, kuda, tikus, domba, anjing, kucing, ayam, burung, babi dll juga dapat terinfeksi toxoplasma. Satwa liar seperti musang, harimau, anjing hutan, dll juga dapat terinfeksi toxoplasma.

Bagaimanakah Gejalanya?
A. Pada kucing  
Tergantung dimana kista berada dalam jaringan tubuh.
Misalnya,
* pada paru-paru Gejala radang paru-paru (pneumonia), batuk, sesak nafas
* pada hati Tampak gejala icterus
* pada otak  Kejang-kejang
* pada mata Uvitis

* pada usus  Diare
 
B. Pada anjing
Sering terjadi kelemahan dari otot-otot, di samping adanya pembengkakan kelenjar-kelenjar pertahanan karena kista Toxoplasma gondii banyak terdapat pada jaringan urat daging yang banyak persyarafan sehingga kadang-kadang anjing yang bersangkutan memperlihatkan kejang-kejang. 
Penyakit Toksoplasmosis dapat menyebabkan keguguran, kelainan janin/kematian janin baik pada manusia maupun pada hewan potong. Di samping itu,Toksoplasmosis juga dapat menyebabkan kematian pada penderita penyakit Immunosupressive
C. Pada Manusia
Gejala penyakit Toksoplasmosis pada wanita antara lain dapat menyebabkan keguguran pada kehamilan muda, kelainan atau kematian janin. Disamping itu, gejala klinis yang sering ditemukan yaitu adanya retinocorioditis pada mata yang bisa menyebabkan kebutaan dan gejala lymphadenitis.

Bagaimana Toxoplasmosis Menular ke Manusia?
Pada prinsipnya penularan toxoplasma terjadi jika manusia "memakan/menelan" toxoplasma dalam keadaaan hidup. Terdapat 3 bentuk toxoplasma yang dimaksud, yaitu berupa Bradizoit (Bradyzoite atau tissue cyst), Takizoit (Tachyzoite), dan kista/telur toxoplasma (Oocyst).
Cara penularannya dapat dibedakan menjadi 2 yaitu :
1.    Merupakan penularan terbanyak, yaitu manusia memakan daging yang mengandung toxoplasma hidup.
Maksudnya : Manusia tertular toxoplasma akibat memakan daging mentah atau daging setengah matang atau daging yang tidak dimasak dengan sempurna, dimana daging tersebut mengandung Toxoplasma. Untuk mencegah hal ini maka masaklah daging dengan sempurna, minimal dengan suhu 70 derajat celcius.
2.    Manusia tanpa sengaja menelan/memakan Telur/ Kista Toxoplasma
Contohnya: manusia memakan buah-buahan atau sayuran TANPA DICUCI dengan bersih, dimana pada buah-buahan atau sayuran tersebut menempel telur toxoplasma (biasa disebut kista toxoplasma).
Pencegahannya ?
Penyuluhan tentang perlunya meningkatkan kesehatan lingkungan dan personal hygiene terutama tentang:
Benar-benar memasak semua daging (daging beku selama beberapa hari juga mengurangi kemungkinan Toxoplasma).
  Mencuci tangan dan peralatan dengan benar setelah menyentuh daging mentah.
  Cuci buah dan sayuran sebelum dikonsumsi
  Jangan minum susu yang tidak dipasteurisasi atau minum air mentah.
  Beri makan kucing dengan makanan yang dimasak dengan matang.
  Taruh kotak pasir kotoran kucing di luar ruangan saat tidak digunakan.

Pengobatan?
Toxoplasmosis dapat diobati dengan :
Sulfadiazine, Pyremethamine,  Asam Folat, Spiramicin dan Rofamicin

1 komentar:

  1. Informasinya bagus sekali dok, sangat bermanfaat...ditunggu informasi selanjutnya... terima kasih

    BalasHapus

HEWAN KURBAN YANG BAIK

 Hewan Kurban Harus Sehat              Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah (70 hari setelah perayaan Idul...