Minggu, 27 Agustus 2017

HEWAN KURBAN YANG BAIK

 Hewan Kurban Harus Sehat


             Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah (70 hari setelah perayaan Idul Fitri) merupakan hari yang identik dengan Hari Raya Qurban atau penyembelihan hewan kurban yang dilakukan setelah salat Ied. Tak ada salahnya kita sebagai masyarakat muslim memiliki persiapan dalam merayakan hari yang fitrah tersebut, seperti  memilih hewan qurban. Secara umum, hewan yang akan dijadikan Qurban haruslah halal secara Islam dan sehat. Namun dengan banyaknya penjual hewan qurban yang ada, tentu membuat Anda sebagai orang awam bingung memilih hewan qurban yang sah dan sehat.

 Image result for trik memilih hewan kurban Image result for trik memilih hewan kurban
  1. Usia Hewan, Sudah memenuhi syarat umur. Karena ketentuan setiap jenis hewan ternak yang akan kita kurbankan  berbeda-beda. Untuk kambing atau domba adalah berusia satu tahun, sapi atau kerbau dua tahun, dan untuk unta lima tahun. Hewan kurban sudah mengalami pergantian gigi seri depan dan bawah.
  2.  Bentuk Tubuh Normal dan Tidak Cacat, Hewan kurban yang baik harus memiliki tubuh yang standar, yakni : memiliki punggung yang rata, tanduk seimbang, empat kaki simetris, dan postur tubuhnya ideal. 
  3. Sehat, hewan kurban harus dalam kondisi sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda sakit seperti demam, kurang nafsu makan, kudis, ada ekskreta (buangan) dari lubang hidung, bulu kusam dan berdiri, mata cekung dan kotor, diare, serta lemas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HEWAN KURBAN YANG BAIK

 Hewan Kurban Harus Sehat              Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah (70 hari setelah perayaan Idul...